SMK Airlangga Balikpapan

Jl. Letjend. S.Parman No.14 Gn.Guntur Balikpapan Tengah 76122

Learning Community Center

Dua Siswa SMK Airlangga Balikpapan Ikut Dalam Olahraga Soft Tennis Kota Balikpapan

Selasa, 20 Nopember 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 3813 Kali

Satu lagi cabang olahraga yang masuk di lingkup SMK Airlangga Balikpapan yaitu olahraga Soft Tennis. Olahraga Soft Tennis merupakan jenis olahraga baru yang belum banyak diketahui banyak orang. Kebanyakan masyarakat lebih mengenal olahraga jenis Tennis lapangan yang menggunakan bola berwarna hijau. Perbedaan mendasar adalah pada raket dan bola yang digunakan. Soft tennis menggunakan bola yang lebih lebih ringan, empuk, tak berbulu dan jauh lebih lentur. Selain itu, teknik memukul bola juga berbeda. Untuk raket yang digunakan, diameter lingkaran raket soft tennis lebih kecil, bobotnya juga lebih ringan. Selain itu, tali senarnya lebih kendor ketimbang tenis. Tapi soal harga, bola dan raket untuk soft tennis relatif lebih mahal. Sebab, tak satupun toko olahraga yang sudah menyediakan raket dan bola soft tennis. Jika dikonversi ke rupiah, harga satu bola mencapai 60 ribu rupiah. Sebagai gambaran harga bola tenis berkisar antara 20 ribu hingga 100 ribu rupiah. Harga raketnya sekitar 2 juta rupiah. Oleh karena itu, olah raga soft tenis tergolong dalam olah raga yang cukup mahal. Termasuk di Indonesia, olahraga soft tenis ini sedang dikembangkan bahkan menjadi olahraga yang cukup diandalkan pada setiap kompetisi tingkat Internasional.

Diawali atas keinginan salah satu pelatih soft tenis Balikpapan yaitu Bapak Andi Maulana yang juga guru olahraga di SMK Airlangga Balikpapan, dua siswa SMK Airlangga yang berasal dari jurusan TKJ yaitu Abimanyu Ghibran dan Tegar Cahya diminta untuk hadir dalam latihan soft tenis yang dilaksanakan di Lapangan Tenis Indoor Balikpapan. Karena merasa tertarik dan tertantang untuk bisa, pada akhirnya mereka berminat bergabung dalam tim soft tenis Kota Balikpapan.

Pada hari Senin tanggal 19 November 2018 mereka berduapun hadir kembali untuk ketiga kalinya di Lapangan Tenis Indoor untuk melakukan rutinitas latihan soft tenis. Dilatih oleh seniornya yaitu Arifin yang juga atlet soft tenis kota Balikpapan, Ghibran dan Tegar tampak serius dan gigih dalam mendalami cara memukul bola yang datang. Menurut penilaian sang senior, kedua peserta baru ini sudah cukup banyak perkembangan dalam skill bermain. Bukan tidak mungkin, dalam waktu dekat mereka akan mampu menguasai teknik memukul bola dengan baik. Dari segi fisik dan stamina Ghibran dan Tegar dinilai cukup prima dan lincah dalam menguasai lapangan. Terlihat dari kemampuan mereka bertahan melakukan latihan yang dimulai dari pukul 16.00 hingga pukul 20.00 wita. Latihan ini rutin dilaksanakan di hari Senin, Selasa, Jum'at dan Sabtu di Lapangan Tenis Indoor Kota Balikpapan. Jika sudah mampu, nantinya masing-masing peserta akan bisa menjadi atlet Kota Balikpapan. Dengan semangat dan antusias yang besar segala impian dapat tercapai.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Saeful, S.Pd

Assalamualaikum Wr.Wb Alhamdulillah segala Pujian dan  syukur selalu  kita  panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Berkat dan Rahmat Nya,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah menurut anda tampilan website ini sudah menarik ?

LIHAT HASIL