SMK Airlangga Balikpapan

Jl. Letjend. S.Parman No.14 Gn.Guntur Balikpapan Tengah 76122

Learning Community Center

Ujian Semester Ganjil Berbasis Online di SMK Airlangga Balikpapan di Mulai Senin Ini

Senin, 26 Nopember 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 20 Kali

Ujian berbasis komputer atau handphone dengan memanfaatkan jaringan internet atau yang biasa disebut dengan Ujian Berbasis Online sudah mulai serempak dilaksanakan pada masing-masing sekolah di Indonesia. Seluruh siswa tidak lagi menggunakan kertas sebagai media untuk menjawab setiap butir soal, melainkan sudah menggunakan komputer, laptop atau handphone yang telah terhubung dengan jaringan internet dengan menggunakan software ujian yang telah disediakan pemerintah atau sekolah masing-masing.

Seperti yang kita ketahui pelaksanaan ujian secara manual membutuhkan biaya yang tidak sedikit, penggunaan anggaran tersebut lebih memakan biaya pada percetakan soal ujian membutuhkan dana yang lumayan besar dan waktu pemeriksaan hasil ujian yang membutuhkan waktu lebih lama. Dengan pelaksanaan ujian berbasis online notabenenya membuat anggaran yang selama ini digunakan untuk mencetak soal bisa dialihkan dan dimaksimalkan disektor pendidikan lainnya.

Ujian berbasis online sudah sering kita dengar di berbagai media informasi. Ujian Semester Berbasis Onlinelah yang masih jarang kita jumpai di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia khususnya di kota Balikpapan. Oleh karena itu, SMK Airlangga Balikpapan sebagai sekolah yang berbasis teknologi mendahului program ujian semester berbasis online ini. Dengan ujian semester berbasis online dapat mempermudah siswa dan pihak sekolah dalam mengetahui hasil ujian. Nilai yang diperoleh langsung dapat dilihat setelah siswa men-submit ujian yang dilaksanakan.

Ujian semester berbasis online ini mulai dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Respon siswapun sangat baik. terhadap kebijakan pelaksanaan ujian berbasis online ini. Untuk pelaksanaan ujian semester berbasis online semester ganjil ini dimulai dari tanggal 26 hingga 29 November 2018 dengan masing-masing terdapat 2 hingga 3 mata pelajaran yang diujikan setiap harinya.

Siswa dengan menggunakan laptop ataupun smartphonenya dapat membuka aplikasi schoology atau dengan masuk pada website www.schoology.com/login. Kemudian siswa akan masuk pada course dan mata pelajaran yang diujikan pada saat itu.

Semoga dengan adanya ujian online yang dilaksanakan di SMK Airlangga Balikpapan ini, dapat menginspirasi siswa untuk lebih mengembangkan kemampuannya dalam mengelola pemanfaat gadgetnya untuk kepentingan yang lebih positif bukan sekedar dijadikan perangkat pembuka sosial media kesenangan sesaat belaka.

Salam sukses

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Saeful, S.Pd

Assalamualaikum Wr.Wb Alhamdulillah segala Pujian dan  syukur selalu  kita  panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Berkat dan Rahmat Nya,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah menurut anda tampilan website ini sudah menarik ?

LIHAT HASIL