SMK Airlangga Balikpapan

Jl. Letjend. S.Parman No.14 Gn.Guntur Balikpapan Tengah 76122

Learning Community Center

Persembahan Terbaik Untukmu Guruku Tercinta

Selasa, 27 Nopember 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 24 Kali

Sering kali kita mendengar isitilah "Guru Adalah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa". Mungkin tanpa perjuangan para guru, tidak akan ada sosok yang mampu melanjutkan menyampaikan ilmu secara tulus hingga saat ini. Oleh karena itu, penting rasanya untuk adanya semacam kegiatan untuk memperingati hari guru. Peringatan Hari Guru Nasional tahun ini jatuh pada hari Minggu tanggal 25 November yang hendaknya sebagai momen berharga bagi para guru dan insan pendidik agar benar–benar menjadi pendidik yang bertakwa, beretika, profesional dan berwawasan luas. Alangkah indahnya bila hari ini, guru bersedia mengintropeksi dirinya terhadap tugas dan tanggung jawabnya yang luhur itu. Bukankan profesi guru sebagai panggilan luhur untuk mendidik dan membangun generasi muda. Guru bukan pekerja sambil menanti kesempatan lebih, lantas loncat pagar pindah profesi. Guru yang profesional tidak bertanya, berapa besar pendapatan yang diberi dari pemerintah akan tetapi bertanya berapa besar yang sudah disumbangkan untuk anak bangsa.

Dalam sistem pendidikan, guru memiliki peran yang sangat besar. Keberhasilan suatu sistem pendidikan sangat ditentukan oleh lingkungan, kebijakan pemerintah dan terutama oleh guru. Guru juga berlaku sebagai peran yang harus bisa membangunkan kesadaran bagi siswa mengenai peran yang dimainkannya dalam kehidupan sehari-hari, yang berkaitan erat dengan nilai-nilai sosial dan budaya. Guna mencapai pendidikan yang mumpuni, pendidikan harus diselenggarakan dengan prinsip-prinsip yang ada pada Pancasila terutama keadilan sosial dan demokrasi melalui praktek pendidikan yang bertanggung jawab. Sungguh berat rasanya beban seorang guru dalam melaksanakan pekerjaan hari-harinya.

Itulah mengapa guru seringkali dibilang sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Hari Guru Nasional bukan hanya sekedar hari peringatan atau perayaan, namun juga sebagai bentuk apresiasi terhadap para guru. Kita sebagai masyarakat yang merasakan langsung peran guru harus turut menghargai, menghormati dan mendoakan mereka yang berjuang memajukan pendidikan bangsa.

Sebagai seorang siswa hendaklah kita menyadari betapa besar pengorbanan  seorang guru terhadap kita. Menjadi seorang yang tak diberikan tanda jasa bukan berarti kita meremehkan jasa-jasa yang telah diberikan oleh mereka. Hendaklah kita menyadari bahwa, tanpa didikan dan bimbingan seorang guru, kita bukanlah siapa-siapa. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita semua menghargai dan menghormati jasa para guru dengan semakin giat belajar dan ulet dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru kepada kita karna, secara tidak langsung kita pun ikut berperan memajukan bangsa kita dengan ilmu yang kita miliki.

mungkin seorang guru tidak mengharapkan sebuah kado yang mewah dari kita, sebuah ucapan selamat yang indah dari kita ataupun kejutan indah dari kita, karena saya yakin semua guru melakukan pekerjaan secara mulia berbagi ilmu dengan ikhlas, ikhlas dalam membimbing kita, mendukung kita dan memberikan hal-hal positif lainnya yang patut kita contoh. Coba renungkan sejenak, apakah kamu sedih ketika dihari ulang tahun kamu tak seorangpun memberikan kejutan kepadamu? Tak seorangpun mengucapkan kata selamat kepadamu? Dan kamu sendiri bisa menjawabnya bagaimana perasaan seorang guru tersebut.

Guru mungkin tidak berharap ucapan selamat dari kita, tidak berharap hadiah dari kita, kejutan indah dari kita tapi sudah semestinya kita memperlakukannya secara istimewa seperti orangtua kita, karena mereka adalah orangtua pengganti jika di sekolah. Tanpa mereka kita tidak bisa membaca, tanpa mereka kita tidak bisa menulis, tanpa mereka kita tidak bisa berhitung, tanpa mereka kita bisa menjadi seorang profesor, tidak bisa menjadi dokter, ataupun profesi yang saat ini kita miliki karena mereka adalah pahlawan kita, pahlawan tanpa tanda jasa, seorang yang memberikan jasa yang tidak bisa dibayar dengan apapun karena pengabdian mereka yang murni, tulus berbagi ilmu.

Kita tidak harus memberikan hadiah yang indah kepada mereka, ucapan selamat yang berlebihan, tetapi cukup menghormatinya, menghargainya dan menyanyanginya dan yang paling penting anggaplah dia sebagai orangtua kita sebagaimana beliau menganggap kita sebagai anak mereka sendiri.

Untuk menghargai jasa para guru, di lingkungan SMK Airlangga Balikpapan pada even festival literasi diselingi dengan kegiatan pemberian penghargaan berupa bunga, lagu ataupun kue kepada masing-masing guru atau wali kelas sebagai bentuk kepedulian dan rasa sayang siswa kepada guru yang telah banyak memberikan pengajaran. Tidak sedikit dari para siswa yang meneteskan air matanya sebagai rasa sayang seperti menyayangi orang tuanya sendiri.

Untukmu guru kami yang mulia, segala kebaikan ilmu dan kasih sayangmu akan selalu kami kenang sebagai bekal kami dalam menyongsong esok hari yang masih panjang. Semoga segala kerja kerasmu dalam mendidik kami, menjadi pahala penolongmu di akhirat kelak. Maafkan kami yang sering membuatmu kecewa.

Tuhan, berikanlah syurga untuk guru kami tercinta.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Saeful, S.Pd

Assalamualaikum Wr.Wb Alhamdulillah segala Pujian dan  syukur selalu  kita  panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Berkat dan Rahmat Nya,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah menurut anda tampilan website ini sudah menarik ?

LIHAT HASIL