SMK Airlangga Balikpapan

Jl. Letjend. S.Parman No.14 Gn.Guntur Balikpapan Tengah 76122

Learning Community Center

SMK Airlangga Balikpapan Turut Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73

Rabu, 05 September 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 46 Kali

Merdeka!!!

Itulah kata yang sempat disorakkan pahlawan Bangsa Indonesia setelah mereka berhasil memukul mundur para penjajah yang selama kurang lebih 350 tahun menjajah Bangsa Indonesia. Setiap bangsa yang pernah dijajah oleh bangsa lain tidak pernah melupakan hari atau tanggal Proklamasi Kemerdekaan bangsanya. Sebab, itulah hari yang paling penting dalam sejarah bangsa dan negaranya. Ini kurang lebih sama dengan hari ulang tahun setiap anak manusia.

Kita bangsa Indonesia juga selalu memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan, yaitu tanggal 17 Agustus 1945. Setiap tanggal 17 Agustus, kita semua memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan untuk bersyukur dan menghayati arti kemerdekaan.

Proklamasi kemerdekaan merupakan pernyataan bahwa suatu bangsa mulai saat itu bebas dari penjajahan, bebas dari kekuasaan dan paksaan bangsa lain. Dengan kata lain, bangsa itu mulai merdeka untuk waktu seterusnya, untuk selama-lamanya.

Melihat perjalanan negeri ini menuju kemerdekaan sangatlah sulit, dengan berbagai cara di tempuh demi terwujudnya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdaulat, oleh karena itu kita patut menghargai perjuangan mereka meskipun pikiran sampai nyawa mereka korbankan demi terwujudnya kemerdekaan yang telah di cita-citakan segenap rakyat Indonesia sebelumnya, oleh karena itu kita patut menjaga bangsa ini, dengan perjuangan sesuai dengan zaman sekarang dan tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sampai generasi ke generasi dengan tetap bercermin kepada sejarah bangsa ini, terutama pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan terbentuknya negeri ini, dan setiap tanggal 17 Agustus kita memperingatinya sebagai Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI).

Kita sebagai generasi penerus bangsa di era modern sekarang ini tidak perlu lagi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan mengangkat senjata atau bahkan sampai mengucurkan darah demi mendapatkan kemerdekaan. Cukuplah menjadi generasi penerus bangsa yang bisa membuat bangsa bangga dengan karya dan prestasi kita disegala bidang kehidupan. Untuk dikalangan pelajar sendiri, cukuplah belajar dengan tekun untuk mencetak generasi bangsa yang berilmu, berakhlah mulia dan berjiwa nasionalisme yang tinggi.

Hampir disetiap sekolah terutama di Kota Balikpapan, seluruh warga sekolahnya mengadakan kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia baik dengan upacara bahkan adapula yang membuat lomba-lomba tradisional untuk meramaikan suasana 17 Agustus ini.

Untuk di Yayasan Airlangga, perayaan HUT RI kali ini dinamakan dengan PESTA MERDEKA. Pada peringatan kemerdekaan tahun ini SMP Plus Airlangga, SMK Airlangga dan SMK Kesehatan Airlangga Balikpapan bergabung dalam satu kegiatan PESTA MERDEKA.  Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 13 Agustus hingga 17 Agustus 2018 sebagai kegiatan puncaknya. Acara diawali dengan Upacara Bendera dengan petugas upacara berasal dari siswa dan siswi OSIS SMK Airlangga. Untuk pembuka kegiatan diawali dengan tari Minang sebagai tari penyambutan tamu (kepala sekolah) dan tari jepen. Antusiasme siswa sangatlah besar dengan turut hadirnya seluruh siswa dalam menyaksikan setiap pertunjukkan yang ditampilkan dilapangan.

Ada 11 macam lomba yang digelar antara lain basket putri, futsal putra, badminton ganda putra dan ganda putri, cerdas cermat kemerdekaan, maraton putra dan putri, lompat tali perkelas, menangkap belut, makan kerupuk, kebersihan dan keindahan kelas, LKBB dan Festival Film Airlangga dengan menampilkan film-film karya siswa siswi SMP dan SMK Airlangga yang bertemakan 11 Character Building yang diterapkan di SMP dan SMK Airlangga.

Tidak lupa pula disuguhkan hiburan nyanyian dan modern dance sebagai pelengkap semaraknya PESTA MERDEKA. Ada sekitar 60 bingkisan hadiah yang panitia sediakan untuk diserahkan kepada masing-masing pemenang. Pembagian hadiah di berikan pada hari senin tanggal 20 Agsutus setelah upacara bendera dilangsungkan.

Semoga semangat kemerdekaan tidak hanya dikobarkan pada peringatan 17 Agustus saja, akan tetapi dapat diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari yang dijadikan pelajaran dalam berperilaku dan bergaul dengan sesama teman. Jasa para pahlawan bangsa akan selalu menjadi penyemangat kami dalam meraih masa depan kami dan juga Bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang lebih hebat lagi di mata dunia.

Salam Merdeka!!!

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Saeful, S.Pd

Assalamualaikum Wr.Wb Alhamdulillah segala Pujian dan  syukur selalu  kita  panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Berkat dan Rahmat Nya,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah menurut anda tampilan website ini sudah menarik ?

LIHAT HASIL