SMK Airlangga Balikpapan

Jl. Letjend. S.Parman No.14 Gn.Guntur Balikpapan Tengah 76122

Learning Community Center

Peringatan Idul Adha "Menanamkan Jiwa Berqurban dan Melatih Kepedulian" di SMK Airlangga Balikpapan

Jum'at, 07 September 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 28 Kali

Allahu akbar...

Allahu akbar...

Allahu akbar...

Lailahailallahu allahu akbar...

Allahu akbar wa lillah ilham...

suara takbir bergemuruh dilangit Kota Balikpapan menandakan bahwa hari besar umat islam telah tiba. Hari raya Idul Adha yang selalu dinanti setiap umat muslim.

Idul Adha pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah juga dikenal dengan sebuatan “Hari Raya Haji”, dimana kaum muslimin yang sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah. Jika kita menengok sisi historis dari perayaan Idul Adha ini, maka pikiran kita akan teringat kisah teladan Nabi Ibrahim, yaitu ketika Beliau diperintahkan oleh Allah SWT untuk menempatkan istrinya Hajar bersama Nabi Ismail putranya, yang saat itu masih menyusu. Mereka ditempatkan disuatu lembah yang tandus, gersang, tidak tumbuh sebatang pohon pun. Lembah itu demikian sunyi dan sepi tidak ada penghuni seorangpun. Nabi Ibrahim sendiri tidak tahu, apa maksud sebenarnya dari wahyu Allah yang menyuruh menempatkan istri dan putranya yang masih bayi itu, ditempatkan di suatu tempat paling asing, di sebelah utara kurang lebih 1600 KM dari negaranya sendiri palestina. Tapi baik Nabi Ibrahim, maupun istrinya Siti Hajar, menerima perintah itu dengan ikhlas dan penuh tawakkal.

Acara utama dalam perayaan Idul Adha adalah makan besar dimana seluruh umat Muslim dapat ikut serta berpartisipasi. Menu makanan yang disajikan adalah daging kambing sebagai simbol dari peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT yang memerintahkannya untuk menyembelih anaknya Ismail dan menggantinya dengan seekor kambing.

Yayasan Airlangga Balikpapan sendiri juga ikut memperingati perayaan idul adha dengan menyediakan satu ekor sapi dan 1 ekor sapi lagi berasal dari dana infaq qurban siswa dan siswi SMK Airlangga dan SMK Kesehatan Airlangga Balikpapan. Badan Pengawas Harian, Kepala Sekolah dan Guru di SMK Airlangga Balikpapan yang melakukan qurban di hari raya Idul Adha bermaksud agar siswa dapat memaknai arti kurban yang sebenarnya dalam kehidupan. Dengan berkurban, siswa diharapkan dapat mengerti arti dari kebaikan dan keikhlasan. Penyembelihan hewan qurban di SMK Airlangga dilaksanakan di hari kamis tanggal 23 Agustus 2018. Rangkaian kegiatan bukan hanya sekedar penyembelihan kemudian dibagikan ke masing-masing kelas, akan tetapi dirangkai dengan kegiatan masak memasak yang kemudian dinikmati bersama oleh siswa dari masing-masing kelas. Yang lebih membuat kegiatan menjadi lebih meriah adalah adanya perlombaan membuat sate dengan kretifitas memasak dan menghias sajian semenarik mungkin. Setelah dinilai para juri diperolehlah 3 kelas terbaik yaitu kelas X Perawat 1 sebagai juara 1, XI Perawat sebagai juara 2 dan XII Perawat sebagai sang master chef terbaik di SMK Airlangga Balikpapan.

Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, seluruh siswa dapat menerapkan nilai-nilai luhur pengorbanan dan saling berbagi terhadap sesama umat manusia.

Salam Ukhuwah...

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Saeful, S.Pd

Assalamualaikum Wr.Wb Alhamdulillah segala Pujian dan  syukur selalu  kita  panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Berkat dan Rahmat Nya,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah menurut anda tampilan website ini sudah menarik ?

LIHAT HASIL