SMK Airlangga Balikpapan

Jl. Letjend. S.Parman No.14 Gn.Guntur Balikpapan Tengah 76122

Learning Community Center

Pusat Informasi dan Konseling Remaja SMK Airlangga Balikpapan Adakan Pertemuan Perdana di Tahun 2019

Kamis, 10 Januari 2019 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 58 Kali

Pada hari selasa tanggal 08 Januari 2019 Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) SMK Airlangga melakukan pertemuan perdananya di tahun 2019 di aula SMK Airlangga Balikpapan. PIK-R adalah suatu wadah kegiatan program GenRe (Generasi Remaja) dalam rangka mempersiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya. Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak ke masa dewasa. Kehidupan remaja merupakan kehidupan yang sangat menentukan bagi kehidupan masa depan mereka selanjutnya. Pada pertemuan ini PIK-R yang beranggotakan siswa dari kelas X, XI dan XII bersama pembimbing Ibu Fitri yang juga merupakan guru BK di SMK Airlangga Balikpapan. Dalam pertemuan ini Ibu Fitri menyampaikan beberapa materi yang menjadi permasalahan yang kerap terjadi pada kalangan remaja. Sebagai tahap awal pembelajaran yang dijalani pada ekskul PIK-R, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing kelompok diberi tugas menyiapkan materi berupa slide presentasi materi yang akan dibahas setiap pekan pada pertemuan berikutnya. Beberapa materi diantaranya adalah bahaya narkoba, persiapan menuju pernikahan, kenakalan remaja, masalah nutrisi pada remaja dan masalah reproduksi remaja. Pada pertemuan ini juga diperkenalkan struktur anggota baru di ekskul PIK-R.

Memang dirasa perlu bagi guru maupun orang tua untuk terus memberikan pembekalan materi keremajaan untuk memperkecil ruang gerak remaja terutama yang berstatus pelajar untuk tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang tidak baik. Mudah-mudahan sekecil apapun usaha pencegahan dan pembekalan ilmu yang diberikan dapat memberikan kontribusi positif bagi anak bangsa dalam upaya menyelamatkan generasi bangsa dan mencetak SDM yang berkualitas dan bertanggung jawab menuju masa depan bangsa yang gemilang.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Saeful, S.Pd

Assalamualaikum Wr.Wb Alhamdulillah segala Pujian dan  syukur selalu  kita  panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Berkat dan Rahmat Nya,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah menurut anda tampilan website ini sudah menarik ?

LIHAT HASIL