SMK Airlangga Balikpapan

Jl. Letjend. S.Parman No.14 Gn.Guntur Balikpapan Tengah 76122

Learning Community Center

Persiapan Hadapi Lomba Troop Ranger Competition II, Tim Pramuka Airlangga United Lakukan Latihan Intensif

Jum'at, 11 Januari 2019 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 72 Kali

Kamis, 10 Januari 2019

Padatnya kegiatan sekolah tidak menjadi alasan bagi sebagian siswa untuk terus mengembangkan bakat dan kreatifitasnya melalui ekskul yang berdiri di SMK Airlangga Balikpapan. Salah satunya adalah ekskul Pramuka. Ekskul Praja Muda Karana atau yang biasa disebut Pramuka ini cukup menarik minat siswa yang ada di SMK Airlangga. Sekitar pukul 16.30 atau selepas kegiatan sekolah beberapa siswi yang tergabung dalam ekstrakurikuler Pramuka terlihat tengah fokus mendengarkan pengarahan dari seorang laki-laki yang ternyata adalah Mas Yusri yang merupakan pelatih Pramuka di SMK Airlangga dan SMK Kesehatan Airlangga Balikpapan. Mereka sedang berlatih intensif di lapangan sekolah dengan materi penanganan terhadap insiden kecelakaan atau keadaan darurat. Diantaranya beberapa tindakan yang dilakukan adalah praktek LDR yaitu Lihat, Dengar, dan Rasakan. Lihat, yaitu melihat kondisi pasien yang mengalami kecelakaan atau sakit mendadak. Kader pramuka harus benar-benar sigap dan tepat dalam mencermati apa yang dilihat dan terjadi pada pasien. Selanjutnya pengecekkan denyut nadi jantung yang memanfaatkan indera pendengaran yaitu pada tahap dengar dari LDR. Selanjutnya Rasakan atau benar-benar pahami apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh pasien atau semacam diagnosis awal untuk penanganan lebih lanjut.

Beberapa rangkaian penindakan terhadap contoh pasien seperti yang diperagakan merupakan kegiatan latihan yang menjadi salah satu contoh dari persiapan menjelang lomba yang rencana akan digelar pada tanggal 16 hingga 20 Januari 2019 di Lapangan Desa Sukomulyo Kec. Sepaku Kab. Penajam Paser Utara - KALTIM yang tentunya memerlukan banyak persiapan mental dan materi kepramukaan serta banyaknya energi yang diperlukan bagi para siswa yang akan mengikuti perlombaan. Meskipun baru pertama kali mereka mengikuti perlombaan semacam ini tidak tampak raut takut ataupun lelah, mereka tetap semangat dan antusias demi mewakili nama sekolah di ajang unjuk minat dan bakat dan bersiap meraih predikat juara.

Rencananya pada Jumat pagi, beberapa kemampuan yang telah dikuasai siswa ekstrakurikuler Pramuka akan ditampilkan di hadapan seluruh warga sekolah untuk unjuk kemampuan dan juga melatih mental para anggota pramuka agar lebih siap ketika harus tampil di hadapan para juri dan peserta lain di perlombaan nantinya serta mengharap doa dan dukungan dari seluruh warga SMK Airlangga dan SMK Kesehatan Airlangga Balikpapan.

Semoga sukses untuk tim Pramuka SMK Airlangga dan SMK Kesehatan Airlangga dalam lombanya nanti. Do`a yang terbaik dari semua warga sekolah demi lancarnya kegiatan sampai pulang dengan selamat dan mendapat banyak pengalaman berharga serta juara.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Saeful, S.Pd

Assalamualaikum Wr.Wb Alhamdulillah segala Pujian dan  syukur selalu  kita  panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Berkat dan Rahmat Nya,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah menurut anda tampilan website ini sudah menarik ?

LIHAT HASIL