SMK Airlangga Balikpapan

Jl. Letjend. S.Parman No.14 Gn.Guntur Balikpapan Tengah 76122

Learning Community Center

Persiapan Hadapi Lomba Troop Ranger Competition II, Tim Pramuka Tampil Percaya Diri di Kegiatan Jumat Sehat

Sabtu, 12 Januari 2019 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 80 Kali

Jum’at tanggal 11 Januari merupakan pekan kedua bagi siswa maupun siswi SMK Airlangga melaksanakan jum’at sehat di tahun 2019 ini. Sudah menjadi agenda rutin siswa siswi dari SMK Airlangga, SMK Kesehatan Airlangga, serta SMP Plus Airlangga melaksanakan kegiatan jum’at sehat ini bersama dan untuk mendapatkan materi pendidikan karakter serta sedikit hiburan guna melepas penatnya melalui pembelajaran yang dilalui selama 4  hari dari Senin hingga Kamis. Kegiatan Jum’at sehat dimulai pukul 07.15 dengan isyarat bel sekolah, para siswa berbaris di lapangan untuk mendapatkan pengarahan dari waka kesiswaan SMK Airlangga tentang rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada jum’at pagi ini. Beberapa agenda yang dibahas oleh waka Kesiswaan Bapak Imam Muhib yaitu mengenai kedisiplinan para siswa dalam bersekolah. Penerapan tata tertib sekolah yang sering disepelekan oleh para siswa harus segera dikembalikan sebagaimana mestinya. Tata tertib sekolah yang telah ditetapkan harus benar-benar dijalankan, dan dikawal bersama oleh guru-guru di lingkungan Pendidikan Airlangga. Pada  Jum’at sehat pekan ini disiplin yang coba dijalankan adalah masalah aturan waktu masuk dan pulang sekolah yang harus sesuai jadwal serta aturan kerapian rambut bagi siswa laki-laki.

Usai mendapatkan penindakan atas pelanggaran tata tertib kedisiplinan, maka kegiatan dilanjutkan dengan unjuk bakat dari kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Pramuka merupakan ekstrakurikuler yang menampilkan kebolehannya dalam beberapa bidang. Kebetulan dalam penampilan bakat dan keterampilan kali ini, mereka menampilkan pertunjukkan semaphore yang telah dipelajari dan di ingatan para siswa selama mereka berlatih pramuka. Pada pertunjukkan semaphore ini, tim Pramuka mengutus 2 orang perwakilan yang dianggap paling mahir dan tampil berani ketika berada diantara para teman-temannya. Mereka adalah pegiat pramuka yang lihai dalam memainkan kode semaphore.

Tidak berhenti pada pertunjukkan semaphore saja, beberapa kemeriahan dari pertunjukkan ini ditambah dengan tantangan dari Bapak Imam selaku waka kesiswaan SMK Airlangga kepada seluruh siswa yang hadir untuk menebak kata apa yang dibuat dengan kode pada bendera semaphore. Hal ini menarik karena membutuhkan pengamatan serta daya ingat yang jeli untuk menerka apa yang dimaksudkan oleh tim semaphore. Selanjutnya tantangan diberikan kepada pemenang untuk unjuk kebolehan juga dalam menampilkan semaphore ke khalayak umum. Banyak manfaat yang diperoleh dalam kegiatan semaphore ini yaitu melatih daya ingat, dan kemampuan menggunakan bahasa isyarat, serta melatih kepercayaan diri pula untuk menunjukkannya di depan publik.

Beberapa rangkaian pertunjukkan semaphore yang dilakukan oleh siswa tersebut merupakan persiapan menjelang lomba yang rencana akan digelar pada tanggal 16 hingga 20 Januari 2019 di Lapangan Desa Sukomulyo Kec. Sepaku Kab. Penajam Paser Utara – KALTIM. Siswa memang perlu dilatih terlebih dahulu tentang keberanian dalam tampil didepan khalayak ramai agar dapat menambah rasa percaya diri ketika mereka harus tampil yang sesungguhnya di depan para tim penilai pada saat perlombaan.

Doa terbaik selalu tercurahkan bagi siswa yang akan mengikuti perlombaan, semoga penampilan bakatnya dapat berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang terbaik.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Saeful, S.Pd

Assalamualaikum Wr.Wb Alhamdulillah segala Pujian dan  syukur selalu  kita  panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Berkat dan Rahmat Nya,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah menurut anda tampilan website ini sudah menarik ?

LIHAT HASIL