SMK Airlangga Balikpapan

Jl. Letjend. S.Parman No.14 Gn.Guntur Balikpapan Tengah 76122

Learning Community Center

Ekstrakurikuler Bulu Tangkis Sebagai Jembatan Menuju Atlet Berbakat di SMK Airlangga Balikpapan

Sabtu, 08 September 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 40 Kali

Akhir pekan enaknya ngapain ya???...

yups, akhir pekan memang enaknya dipakai untuk refreshing, mengistirahatkan sejenak fisik dan pikiran yang telah lelah menjalani kegiatan harian yang cukup menumpuk. Mungkin bisa dengan berjalan-jalan ke tepi pantai, nonton film di bioskop atau bahkan jalan-jalan ke mall. Itu mungkin untuk kegiatan sebagian orang atau bahkan siswa di sekolah lain. Lain halnya dengan siswa siswi yang ada di SMK Airlangga Balikpapan. Akhir pekan mereka gunakan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang sangat menarik dan menyehatkan badan. Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan siswa  di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.

Dengan demikian, kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan di luar kelas dan di luar jam pelajaran (kurikulum) untuk menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia yang dimiliki peserta didik, baik yang berkaitan dengan aplikasi ilmu pengetahuan yang didapatkannya maupun dalam pengertian khusus untuk membimbing peserta didik dalam mengembangkan potensi dan bakat yang ada dalam dirinya melalui kegiatan-kegiatan yang wajib maupun pilihan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada sore hari atau bahkan pagi hari tetapi diluar jam sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler ini sering dimaksudkan untuk mengembangkan salah satu bidang pelajaran yang diminati oleh sekelompok siswa untuk tujuan positif, misalnya olahraga, kesenian, dan berbagai kegiatan keterampilan dan kepramukaan.

SMK Airlangga Balikpapan mempunyai ekskul yang cukup banyak salah satu diantaranya adalah ekstrakurikuler bulu tangkis atau badminton. Ekstrakurikuler bulu tangkis ini merupakan ekstrakurikuler yang baru saja dikembangkan di SMK Airlangga Balikpapan. Ekstrakurikuler bulu tangkis perdana dilaksanakan di hari sabtu tanggal 8 September 2018 dan akan rutin dilaksanakan seterusnya, di mulai pukul 12.00 hingga pukul 15.00. Sedangkan untuk tempat pelaksanaan ekstrakurikuler bulu tangkis tepatnya di lapangan bulu tangkis Sukma Jaya yang beralamatkan di jalan Sumber Rejo I RT. 37 Nomor 29 Balikpapan Tengah. Peminat yang mengikut ekstrakurikuler bulu tangkis ini cukup banyak, ada sekitar 40 hingga 60 siswa dan juga siswi dengan pelatih yang sangat handal yaitu Bapak Andi Maulana yang juga merupakan guru olahraga di SMK Airlangga Balikpapan dan Bapak Achmad Syarwani sebagai asisten pelatih dan juga pengkoordinir siswa yang hadir dan mengurusi administrasi yang diperlukan ekstrakurikuler bulu tangkis. Para siswa dengan antusias mengikuti latihan bulu tangkis ini, waktu tiga jam pun tidak terasa oleh mereka. Dengan peluh yang terus mengucur mereka tetap antusias memukul-mukul shuttlecock yang melambung. Teknik penguasaan lapanganpun dengan singkat mereka kuasai.

Dengan  adanya ekstrakurikuler bulu tangkis ini diharapkan siswa siswi SMK Airlangga Balikpapan ada yang bisa maju bersaing pada turnamen bulu tangkis yang diselenggarakan oleh pihak luar sekolah dan mampu menorehkan prestasi di pertandingan bulu tangkis di tingkat pelajar.

Salam sukses dan sehat selalu!!!...

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Saeful, S.Pd

Assalamualaikum Wr.Wb Alhamdulillah segala Pujian dan  syukur selalu  kita  panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Berkat dan Rahmat Nya,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah menurut anda tampilan website ini sudah menarik ?

LIHAT HASIL