SMK Airlangga Balikpapan

Jl. Letjend. S.Parman No.14 Gn.Guntur Balikpapan Tengah 76122

Learning Community Center

Upacara Bendera Dengan Hikmat Merupakan Bentuk Semangat Nasionalisme dan Cinta Tanah Air

Senin, 10 September 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 31 Kali

Setiap hari Senin, di setiap lembaga pendidikan terutama sekolah  dilaksanakan kegiatan Upacara Bendera pada pagi hari sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai. Termasuk di SMK Airlangga Balikpapan. Upacara Bendera sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Senin di sekolah kami.

Upacara bendera setiap hari Senin merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh seluruh sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta. Kewajiban ini berdasarkan Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP).

Upacara Bendera hari Senin mempunyai manfaat yang sangat baik bagi upaya penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan. Nilai-nilai tersebut terkandung di dalam setiap urutan kegiatan/tata upacara bendera. Nilai-nilai tersebut diantaranya adalah nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, patriotisme (kepahlawanan), dan lain sebagainya.

Kita ambil contoh beberapa kegiatan di dalam Upacara Bendera yang memiliki nilai-nilai karakter bangsa ini. Yang utama adalah pengibaran Bendera Merah Putih. Terdapat nilai-nilai luhur yang dapat ditumbuhkan di dalam kegiatan pengibaran bendera ini. Bagi petugas pengibar bendera, ada nilai gotong royong dan kebersamaan yang bisa diambil ketika melaksanakan tugasnya. Mereka harus terbiasa dan bisa mengharmoniskan posisi badan dan gerakan ayunan tangan dan hentakan kaki mereka. Salah seorang diantara petugas bendera itu tidak boleh ada yang berbeda gerakan dan sikapnya. Jika ada, maka pelaksanaan upacara benderanya bisa dinyatakan kurang baik. Hal ini dikarenakan pengibaran Sang Merah Putih merupakan ruh atau kegiatan inti dari pelaksanaan Upacara Bendera.

Hari ini, Senin tanggal 10 September 2018 SMK Airlangga Balikpapan kembali melaksanakan Upacara Bendera dan yang mendapat giliran menjadi petugas upacara adalah tim dari Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) gabungan SMK Airlangga dan SMK Kesehatan Airlangga Balikpapan. Pada hari ini, ada 18 orang dari siswa dan siswi PASKIBRA yang terpilih menjadi petugas upacara. Mereka bertugas sebagai : pembaca tata upacara bendera (MC / Protokol) yaitu Khalita Cendikia X Akuntansi; pemimpin pasukan / pleton upacara (Dicky Adi Putra XI Keperawatan, Novianti X Farmasi dan Nova XI AP 2); pemimpin upacara (Muhammad Iqbal XI TKJ); pembawa teks Pancasila / ajudan (Mariana);  pengibar bendera 10 orang (Seftya X Farmasi, Nadilah wijaya, Yeyen Herlina, Asnianida, Nabila, Noviana Ramadhani, Anis Berliani X Akuntansi, Gusti Nur Hikmah, Fifi Maharani, dan Putri Milia); pembaca UUD 1945 (Aura Amalia X Farmasi); pembaca doa (Ananda Shafira Rusman); konduktor/dirigen salah satu anggota dari tim paduan suara. Sementara untuk menyanyikan lagu wajib, yang bertugas adalah tim paduan suara dari SMK Airlangga. Tim PASKIBRA SMK Airlangga dan SMK Kesehatan Airlangga dapat tampil maksimal di bawah bimbingan Besse Musdalifah yang merupakan siswa kelas XII Farmasi yang telah menjadi purna dari tim PASKIBRA kota Balikpapan pada upacara pengibaran bendera 17 Agustus di Lapangan Merdeka tahun 2017 lalu. Bukan hanya Besse, ada Indah Dirmayanti siswa kelas XII Analis Kesehatan yang juga ikut membimbing dan Indah pun pernah ikut dalam seleksi tim PASKIBRA tingkat kota Balikpapan.

Yang menjadikan berbeda suasana upacara kali ini adalah SMK Airlangga Kedatangan tamu dari POLRES Balikpapan yaitu Bapak Komang M yang menjadi pembina upacara dengan menyampaikan beberapa hal penting tentang perilaku remaja anak sekolah antara lain bahaya narkoba dan ancaman yang bisa merenggut, miliki Surat Ijin Mengemudi jika hendak berkendaraan dan peluang untuk menjadi anggota kepolisian untuk tahun ini dan tahun yang akan datang. Jalannya Upacarapun sangat hikmat dengan ditunjukkannya kedisiplinan siswa yang telah bersedia tenang selama pelaksanaan upacara berlangsung dan ketertiban siswa yang siap berbaris di lapangan ketika upacara akan dimulai. 

Semoga kegiatan Upacara Bendera ini dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter bangsa dan mencetak generasi-generasi yang kuat dan tangguh. Sehingga pada akhirnya tujuan pendidikan karakter yang dicita-citakan dapat terwujud dengan baik.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Saeful, S.Pd

Assalamualaikum Wr.Wb Alhamdulillah segala Pujian dan  syukur selalu  kita  panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Berkat dan Rahmat Nya,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah menurut anda tampilan website ini sudah menarik ?

LIHAT HASIL