SMK Airlangga Balikpapan

Jl. Letjend. S.Parman No.14 Gn.Guntur Balikpapan Tengah 76122

Learning Community Center

Sejarah Hari Kanker Sedunia Yang Diperingati Setiap 4 Februari

Senin, 04 Februari 2019 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 256 Kali

Senin, 04 Februari 2019

Hari Kanker Internasional atau yang lebih dikenal dengan Hari Kanker Sedunia jatuh pada tanggal 4 Februari. Setiap tahunnya, aktivis kanker selalu memperingati Hari Kanker Sedunia dengan berbagai macam kegiatan. Hal itu bertujuan untuk memberikan dukungan kepada pejuang kanker.

Hari Kanker Seduni ini juga mengingatkan kita akan perjuangan WHO, PBB, dan Organisasi Kesehatan baik pemerintah maupun non-pemerintah mengenai strategi memerangi kanker serta mengkampanyekan pesan tentang kanker sebenarnya. Hari Kanker Sedunia awalnya diresmikan di Jenewa, Swiss pada tahun 1933 di bawah arahan Union for International Cancer Control (UICC) dan berbagai komunitas kanker lainnya, lembaga penelitian, pusat perawatan, dan beberapa pejuang kanker. Gerakan ini untuk memberi semangat kepada para penyintas kanker dan mengedukasi akan bahaya kanker kepada masyarakat. Kanker sendiri disebut sebagai satu di antara penyebab kematian terbesar di dunia.

Kementerian Kesehatan merilis temuan dari Data Globocan yang memaparkan bahwa sepanjang 2018 terdapat 18,1 juta kasus kanker dengan angka kematian sebesar 9,6 juta peristiwa. Data tersebut menjelaskan, 1 dari 5 laki-laki dan 1 dari 6 perempuan di dunia menderita kanker. Selain itu, diperkirakan 1 dari 8 laki-laki dan 1 dari 11 perempuan meninggal dunia karena kanker. Angka kejadian kanker di Indonesia sendiri mencapai 136.2 per 100 ribu penduduk atau menempati urutan 8 di Asia Tenggara, dan 23 di Asia.

Kanker yang paling banyak diderita oleh laki-laki di Indonesia adalah kanker paru-paru, disusul dengan kanker hati. Sedangkan untuk perempuannya yang tertinggi adalah kanker payudara dan diikuti kanker rahim.

Peringatan Hari Kanker Sedunia diciptakan untuk memenuhi semua kebutuhan yang bisa digunakan untuk melawan penyakit mematikan ini. Bedasarkan laporan, lebih dari 12,7 juta orang didiagnosis menderita kanker. Tidak hanya itu, sebanyak tujuh juta orang juga dinyatakan meninggal karena kanker setiap tahunnya. Sejak saat itu setiap tanggal 4 Februari diperingati untuk menyadarkan seluruh populasi di dunia akan penyakit berbahaya tersebut.

Sayangi dan lindungi dirimu dari berbagai macam penyakit termasuk kanker yang dapat mematikan dalam waktu yang cukup singkat. Semoga kita semua dapat terhindar dari penyakit kanker dan yang telah terkena dapat segera pulih ke keadaan semula.

Aaaamiin

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Saeful, S.Pd

Assalamualaikum Wr.Wb Alhamdulillah segala Pujian dan  syukur selalu  kita  panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Berkat dan Rahmat Nya,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah menurut anda tampilan website ini sudah menarik ?

LIHAT HASIL