SMK Airlangga Balikpapan

Jl. Letjend. S.Parman No.14 Gn.Guntur Balikpapan Tengah 76122

Learning Community Center

Muharram Fair SMK Airlangga Balikpapan bersama Syakir Daulay sang Ikon Remaja Hijrah Indonesia

Jum'at, 14 September 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 92 Kali

Bissmillahirrahmanirrahim

assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Tahun Baru Hijriah adalah salah satu hari besar bagi umat Islam di seluruh penjuru dunia. Peringatan yang hadir setiap setahun sekali itu untuk mengenang peristiwa hijrahnya Rasulullah saw. dan para pengikutnya dari Mekkah menuju Madinah. Perayaan Tahun Baru Hijriah jatuh pada tanggal 1 Muharam (kalender Arab) atau 1 Suro (kalender Jawa).

Di Indonesia, perayaan tersebut menjadi tradisi baru yang lahir dari perpaduan budaya Islam dan Jawa. Karenanya, bentuk peringatannya mengakar di kalangan masyarakat Islam tradisional. Meski begitu, perayaan Tahun Baru Islam terasa hampa makna karena hadir semata-mata sebagai warisan turun-temurun yang biasa terjadi. Oleh karena itu, umat Islam perlu menengok sejarah masa lampau yang melatarbelakangi peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad saw.

Ini memberikan pelajaran kepada kita bahwa, dalam menjalani kahidupan ini, kita dituntut untuk terus berusaha berpindah dari keadaan yang tidak baik menjadi lebih baik, dari suatu tempat yang tidak benar menuju tempat yang lebih kondusif.

Hal ini tergambarkan dari peristiwa hijrah tersebut, dimana Kota Mekah pada waktu itu sangat tidak kondusif bagi perkembangan dakwah Islam. Nabi Muhammad SAW selalu ditentang oleh kaumnya sendiri, yaitu kaum Quraisy, bahkan oleh kerabat dan pamannya sendiri.

Untuk mentauladani perjuangan hijrah rasullullah sallallahualaihiwassalam itu sendiri pada era modern sekarang ini  perlu banyak perjuangan yang harus dilakukan. Termasuk salah satunya berani melawan hawa nafsu untuk tidak tergoda pada pola pergaulan remaja yang salah, dalam hal ini adalah pacaran di usia remaja yang pada akhirnya justru akan banyak membawa mudhorot/kerugian. Dalam rangka memberikan pemahaman kepada kalangan remaja di SMK Airlangga, SMK Kesehatan Airlangga dan SMP Plus Airlangga diadakan kegiatan Muaharram Fair pada hari Jumat tanggal 14 September 2018 dengan tema “SPIRIT HIJRAH UNTUK ISLAM YANG LEBIH BAIK” dengan mengundang artis ibukota SYAKIR DAULAY yang merupakan ikon pemuda hijrah di Indonesia. Syakir berbagi pengalaman tentang perjuangannya yang menjadikan dirinya menuju pada remaja yang lebih islami dengan selalu mengingat Allah swt di setiap aktifitas. Selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan baik itu nikmat bernafas maupun nikmat lainnya yang tak akan manusia sanggup untuk menghitungnya. Juga terdapat sesi tanya jawab untuk sharing pengalaman buat siswa siswi Airlangga yang ingin bertanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan hijrah itu sendiri. Acara yang berjalan dari pukul 08.00 (Sholat dhuha terlebih dahulu) hingga 11.00 ini terasa sangat meriah meskipun cuaca di kota Balikpapan sedang sangat terik. Setelah selesai tanya jawab, masing-masing kelas diperbolehkan untuk melakukan sesi foto bersama dengan syakir daulay sang ikon hijrah. Syakir pun tak lupa mengajak seluruh siswa dan dewan guru untuk turut bersholawat mengingat kebesaran Allah swt.

Muharram fair yang dilaksanakan di SMK Airlangga tidak hanya sampai disitu. Setelah Sholat Jum’at selesai, dilanjutkan dengan beberapa lomba keislaman diantaranya Da’i remaja, Adzan, Vokal grup, Tilawah Qur’an dan Hafidzul Qur’an. Kesemuannya dipanitiai oleh rohis SMK Airlangga dan SMK Kesehatan Airlangga yang berjumlah 70 orang. Kegiatan lomba ditutup pukul 15.15 mengingat waktu sholat ashar berjamaah telah tiba.

Semoga dengan adanya perenungan semacam ini akan melahirkan tekad yang kuat untuk melakukan perubahan dengan berpegang kepada prinsip " Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik daripada hari ini".

Berpindahnya kita (hijrah) juga diharapkan akan membawa dampak yang positif bagi masyarakat sekitar, dan dalam lingkup yang lebih luas yaitu bangsa dan negara ini.

Semoga kita semua dapat menjadi insan yang hijrah kepada hal-hal yang lebih baik lagi.

Semangat hijrah!!!

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Saeful, S.Pd

Assalamualaikum Wr.Wb Alhamdulillah segala Pujian dan  syukur selalu  kita  panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Berkat dan Rahmat Nya,…

Selengkapnya

KATEGORI

JAJAK PENDAPAT

Apakah menurut anda tampilan website ini sudah menarik ?

LIHAT HASIL