SMK Airlangga Balikpapan

Jl. Letjend. S.Parman No.14 Gn.Guntur Balikpapan Tengah 76122

Learning Community Center

Semaraknya Tarian Tradisional dalam Jum’at Seni di SMK Airlangga Balikpapan

Sabtu, 09 Februari 2019 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 18 Kali

Sajian yang mengesankan telah dipertunjukkan dalam Jum’at seni di SMK Airlangga Balikpapan pada hari Jum’at tanggal 8 Februari 2019. Para pengisi acara berganti-ganti menyajikan keterampilan olah seni, khususnya seni tari dan seni suara. Ketakjuban muncul setelah melihat ragam tari yang disajikan oleh pengisi acara dari masing-masing kelas yang sangat berbeda dan sungguh diluar dugaan panitia. Jenis tarian yang ditampilkan merupakan tarian tradisional Indonesia dan tari modern dance. Selain itu juga ada beberapa siswa yang mengisi acara dengan menyanyikan beberapa lagu.

Acara dimulai dengan dipersembahkannya tari tradisonal khas Kalimantan yaitu tari Dayak dari ekstrakurikuler tari tradisional. Tim tari tradisonal yang tampil antara lain Nita, Khalita Cendikia dan Nur Meylisa berasal dari kelas X Akuntansi serta Andini Septiara bulan dari kelas X TKJ. Dengan gemulai dan lincah ke empat siswi tersebut menampilkan tarian Dayak yang memukau ratusan pasang mata yang menyaksikan. Sorakkan penonton menambah keseruan acara yang dikemas dengan sangat apik.

Usai pembukaan tari Dayak dari tim ekskul tari tradisional, barulah acara inti dimulai dengan MC dari panitia OSIS yaitu Nur Hafni dari kelas XI AP 1. Sebagai kelas yang mendapat giliran pertama tampil adalah dari kelas X AP 1 dengan menampilkan tarian dari Aceh lengkap dengan kostumnya. Dan yang mendapat giliran kedua adalah dari kelas X Akuntansi dengan menampilkan tari Saman dan dilanjutkan dengan modern dance. Sebanyak enam kelas dari kelas X SMK Airlangga dan satu kelas dari SMK Kesehatan Airlangga berhasil menampilkan berbagai jenis tari tradisional nusantara. Suasana lapangan yang ramai membuat waktu dua jam tidak terasa ketika tarian yang disuguhkan mampu menghipnotis para penonton. Kreatifitas dan rasa percaya diri yang besar dari para siswa yang menampilkan tarian patut diberi apresiasi sangat bagus untuk tarian tersebut.

Ucapan terimakasih kepada siswa siswi kelas X yang telah bersusah-payah berlatih dalam waktu singkat untuk bisa tampil di depan siswa lainnya. Harapan  acara pentas seni tersebut bisa diadakan tidak hanya pada saat tertentu saja namun juga pada kesempatan lain, sehingga siswa maupun siswi SMK Airlangga bisa menyalurkan bakatnya secara rutin.

Mari lestarikan seni dan budaya asli Indonesia!!!...

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Saeful, S.Pd

Assalamualaikum Wr.Wb Alhamdulillah segala Pujian dan  syukur selalu  kita  panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Berkat dan Rahmat Nya,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah menurut anda tampilan website ini sudah menarik ?

LIHAT HASIL