SMK Airlangga Balikpapan

Jl. Letjend. S.Parman No.14 Gn.Guntur Balikpapan Tengah 76122

Learning Community Center

Upacara Bendera Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di SMK Airlangga Balikpapan

Selasa, 02 Oktober 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 18 Kali

Tepat hari ini (Senin), setiap tanggal 1 Oktober Bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Banyak yang masih bingung, perbedaan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober dengan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni. Sebenarnya kedua hari peringatan terhadap lambang negara itu berbeda makna.

Hari Kesaktian Pancasila lebih berkaitan dengan peristiwa G30S/PKI yang terjadi 30 September 1965. Pada tanggal 30 September 1965, terjadi insiden yang dinamakan Gerakan 30 September (G30S). Insiden ini masih menjadi perdebatan di tengah lingkungan akademisi mengenai siapa penggiatnya dan apa motif di belakangnya. Akan tetapi otoritas militer dan kelompok terbesar saat itu menyebarkan kabar bahwa insiden tersebut merupakan usaha PKI mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis.

Pada hari itu, enam jenderal dan satu kapten serta beberapa orang lainnya dibunuh oleh oknum-oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta. Gejolak yang timbul akibat G30S pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia. Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September G30S dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Berbeda dengan Hari Kesaktian Pancasila, Hari Lahirnya Pancasila merupakan peringatan cikal bakal Pancasila dijadikan lambang negara.

Kemarin tepatnya tanggal 30 September untuk mengenang perjuangan para pahlawan dari  peristiwa penculikan dan dibunuhnya secara massal enam jendral dan yang lainnya oleh pemberontak PKI maka dari itu SMK Airlangga mengibarkan bendera setengah tiang untuk mengenang peristiwa sadis itu.

Sudah menjadi agenda rutin SMK Airlangga mengadakan upacara pengibaran bendera di setiap hari senin. Namun pada upacara kali ini sedikit berbeda dikarenakan tepatnya pada hari Senin tanggal 1 Oktober Bendera kembali dikibarkan penuh satu tiang pada pukul 6 pagi. Sehingga pada kegiatan inti dari upacara, bendera tidak dikibarkan oleh tim pengibar bendera melainkan bendera telah berkibar pada pukul 6 pagi. Untuk amanat upacara sendiri diisi oleh Ibu Dina Dwibanowati selaku waka kesiswaan SMK Kesehatan Airlangga. Sedangkan petugas upacaranya berasal dari tim Paskibra SMK Airlangga dan SMK Kesehatan Airlangga. Upacara kali ini lapangan terlihat penuh dikarenakan siswa kelas XII SMK Airlangga telah usai melaksanakan prakerin dan kembali aktif mengikuti kegiatan belajar di sekolah.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Saeful, S.Pd

Assalamualaikum Wr.Wb Alhamdulillah segala Pujian dan  syukur selalu  kita  panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Berkat dan Rahmat Nya,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah menurut anda tampilan website ini sudah menarik ?

LIHAT HASIL