SMK Airlangga Balikpapan

Jl. Letjend. S.Parman No.14 Gn.Guntur Balikpapan Tengah 76122

Learning Community Center

Batik Indonesia Warnai SMK Airlangga Pada Peringatan Hari Batik Nasional

Selasa, 02 Oktober 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 12 Kali

Apa yang kalian ketahui tentang tangal 2 Oktober? Yang perlu kalian ketahui, setiap tanggal 2 Oktober ada peringatan hari penting buat seluruh warga Indonesia loh. Ada yang tahu peringatan hari apakah itu?. Ya, setiap tanggal 2 Oktober, Bangsa Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Masyarakat tua, muda, besar, kecil, kaya atau miskin patut berbangga dan ikut melestarikan warisan budaya asli Indonesia yang sudah mendunia ini.

Penetapan Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober tidak terlepas dari pengakuan batik Indonesia sebagai warisan dunia atau Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi sejak 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Batik memiliki sejarah panjang, di mana setiap corak atau motifnya mengandung filosofi atau makna yang begitu kental dengan nilai-nilai kehidupan. Batik berasal dari bahasa Jawa “ambhatik”, dari kata “amba” yang berarti lebar, luas, kain; dan “titik” atau “matik” yang artinya menghubungkan titik-titik menjadi gambar tertentu pada kain yang luas atau lebar.

Dalam bahasa Jawa, batik ditulis “bathik”. Dengan demikian, pengertian batik adalah seni lukis di atas kain dengan menggoreskan malam (lilin) pada alat bernama canting. Kerajinan batik di Tanah Air dipercaya sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit, kemudian meluas ke berbagai daerah dan khususnya ke Pulau Jawa setelah akhir abad ke-18 atau awal abad ke-19.

Batik Indonesia saat ini kian populer seiring perkembangannya. Kalau dulu hanya dipakai saat acara-acara resmi dengan model seadanya, kini batik mendapat sentuhan yang lebih modern, elegan, dan terlihat mewah, seperti model long dress, dan sebagainya. Jadi batik, tidak lagi ketinggalan zaman alias jadul.

Kain tradisional ini pun sudah membalut tubuh para artis dan tokoh dunia di event-event bergengsi internasional, bahkan untuk acara kontes kecantikan dunia. Sebut saja Barack Obama, Jessica Alba, Tom Cruise, Bill Gates, Kate Middleton, Beyonce yang pernah mengenakan batik. Begitu tenarnya batik Indonesia hingga ke luar negeri. Kalau bule saja senang pakai batik, masa kita enggak?.

Tidak mau kalah dengan para artis dunia yang senang menggunakan batik Indonesia, SMK Airlangga pun turut memperingati hari batik ini, dengan serempak seluruh warga SMK Airlangga menggunakan batik tepat pada hari selasa tanggal 2 Oktober 2018. Baik pihak yayasan, kepala sekolah, guru, karyawan hingga siswa menggunakan baju batik. Motif batik yang digunakan pun sangat beragam, batik dengan motif yang berasal dari seluruh pelosok negeri ini tampak mewarnai SMK Airlangga Balikpapan.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Saeful, S.Pd

Assalamualaikum Wr.Wb Alhamdulillah segala Pujian dan  syukur selalu  kita  panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Berkat dan Rahmat Nya,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah menurut anda tampilan website ini sudah menarik ?

LIHAT HASIL