SMK Airlangga Balikpapan

Jl. Letjend. S.Parman No.14 Gn.Guntur Balikpapan Tengah 76122

Learning Community Center

Peringatan Hari Kartini di SMK Airlangga Balikpapan

Kamis, 26 April 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 85 Kali

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

 


Ada yang ingat setiap tanggal 21 April kita memperingati moment bersejarah apa?


Setiap tanggal 21 April hampir seluruh masyarakat Indonesia ikut memeriahkan moment bersejarah yang disebut dengan Hari Kartini termasuk SMK Airlangga Balikpapan.

Seru banget loh!

Setiap kelas diwakilkan oleh 1 atau 2 orang siswa untuk ikut beradu kemampuan dalam menarik perhatian siswa lainnya dan juga dewan juri. Ada yang berpakaian adat khas Indonesia, ada juga yang berpakaian kebaya. Dengan anggun mereka berjalan melewati Red Carpet yang disediakan panitia. Eits, nggak cuma siswa perempuan yang ikut berpartisipasi, akan tetapi siswa pria juga ikut memeriahkan kegiatan ini loh. Ada sesi unjuk bakat juga loh. Ada yang bernyanyi, ada juga yang menampilkan tarian daerah dan juga modern dance, Tilawah dan juga skill make up. Untuk lebih lengkapnya bisa diliat pada album foto atau video web ini. Atau bisa diliat di Instagram SMK Airlangga Balikpapan (@Skarlaunited).

Yuk kita mengenal sedikit tentang raden Ajeng Kartini


        Siapa yang tidak kenal dengan sosok Raden Ajeng Kartini, sosok perempuan yang telah membuktikan loyalitasnya untuk seluruh wanita Indonesia, menjadikan wanita tak lagi di pandang sebelah mata, akan tetapi wanita dapat jauh lebih hebat bahkan dari yang di bayangkan sekalipun. R.A Kartini pun telah jelas membuktikannya.


         R.A Kartini yang lahir pada 21 April 1879 di Jepara, seorang anak yang lahir dari keluarga bangsawan yang sangat taat pada adat istiadat. Kegemarannya membaca membuatnya mampu berfikir kritis dan menimbulkan keinginan untuk memajukan wanita di Indonesia yang pada saat itu tertindas oleh keadaan, wanita di diskriminasi dan sama sekali tidak mempunyai ruang gerak yang bebas, jangankan untuk berkarya, lari dari kebodohan dan terlepas dari diskriminasi yang telah membudayapun seperti hal yang tidak mungkin. Keadaan wanita yang seperti itu kemudian membuat R.A Kartini bercita-cita untuk mengangkat wanita , menghilangkan diskriminasi pada wanita di Indonesia. Lewat perjuangannya , yang meskipun tidak melalui turun di medan perang, namun lewat tulisan, karya, perjuangan dalam membela dan memperjuangkan HAK wanita membuat wanita saat ini tak lagi didiskriminasi, wanita setara dengan laki-laki bahkan dapat lebih hebat dari laki-laki.


          Saat ini masihkah wanita indonesia di diskriminasi?

          Tentunya tidak.
    Masihkah enggan melanjutkan cita-cita kartini untuk mengharumkan dan mengangkat nama wanita di Indonesia menjadi luar biasa?. Jangan biarkan kartini Menangis, mari cerdaskan diri kita untuk dapat mencerdaskan wanita bangsa.
Wanita masa kini bisa melakukan banyak hal untuk membuat dunia terkagum-kagum dengan karyanya. Semakin banyaknya tentara, polisi, pekerja kantoran dan masih banyak pekerjaan lainnya yang bisa dilakukan oleh seorang wanita.


      Perempuan muda Indonesia yang masih berstatus pelajar, cukuplah menjadi pelajar yang berprestasi, belajar dengan tekun, bergaul sewajarnya dengan menjaga harga diri, hormati orang yang lebih tua ataupun berperilaku baik yang lainnya.


         Jayalah perempuan Indonesia!!!...


         Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Saeful, S.Pd

Assalamualaikum Wr.Wb Alhamdulillah segala Pujian dan  syukur selalu  kita  panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Berkat dan Rahmat Nya,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah menurut anda tampilan website ini sudah menarik ?

LIHAT HASIL